Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait pelantikan dua menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 15 Juni 2022.
Sumber :
  • BPMI Setpres/Muchlis Jr

Alasan Jokowi Ganti Mendag dari Muhammad Lutfi ke Zulkifli Hasan, Istana: Urus Pangan dan Inflasi

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:17 WIB

Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyebutkan bahwa keputusan Presiden Joko Widodo untuk melakukan "penyegaran" pada jabatan Menteri Perdagangan diperlukan untuk mengurus soal pangan dan inflasi.

Menurut Pramono, pergantian Menteri Perdagangan dari Muhammad Lutfi kepada Zulkifli Hasan tidak hanya semata-mata urusan di Kementerian Perdagangan, termasuk minyak goreng, tetapi juga inflasi yang menjadi persoalan dunia.

"Ini untuk membuat Kabinet lebih bisa bekerja lebih lincah gitu. Karena tidak hanya semata-mata urusan di Kementerian Perdagangan. Sekarang ini persoalan pangan, inflasi itu menjadi persoalan dunia. Maka untuk itu refreshing diperlukan," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ia menjelaskan pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju tentunya berdasarkan pertimbangan yang matang.

Presiden dinilai memahami persoalan yang ada berbekal pengalaman memimpin pemerintahan selama dua periode.

Dengan menjabatnya Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, pemerintah berharap persoalan minyak dari hulu ke hilir dapat diselesaikan baik dari distribusi minyak hingga harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di tingkat petani.

"Kita mengharapkan bahwa kontinuitas dari ini berdampak terhadap petani, terutama petani swadaya. Sekarang ini kan harga buah tandannya masih cukup rendah," kata Pramono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral