Menkes Budi Gunadi Sadikin.
Sumber :
  • tim tvOne

Menkes Budi Gunadi Sadikin Prediksi Peningkatan Covid-19 RI Naik Level 2

Kamis, 16 Juni 2022 - 15:33 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai terkait penyebaran Covid-19 yang sudah mulai meningkat di sejumlah negara termasuk Indonesia. 

“Kita Amati di Afrika Selatan sebagai negara pertama yang (varian) BA.4 dan BA.5 masuk, puncaknya itu sepertiga dari puncaknya Omicron atau Delta sebelumnya. Jadi kalau kita Delta dan Omicron puncaknya di 60 ribu kasus sehari, kira-kira nanti estimasi berdasarkan data di Afrika Selatan mungkin puncaknya kita di 20 ribu per hari,” ujarnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Menurut menkes, penyebaran tersebut akan terus meningkat dan naik pada level 2 berdasarkan pernyataan WHO. Hal ini dikarenakan WHO memberikan standar level 1 dan maksimal 20 kasus per minggu yang terdiri dari per 100 ribu penduduk.

“Kalau di-translate untuk penduduk Indonesia sekitar 7.700 per hari. Jadi itu adalah level threshold pertama di mana level transmisi berdasarkan WHO Indonesia akan naik ke level 2,” ujarnya.

Menkes mengatakan, pihaknya akan memantau terus update baru terkait peningkatan kasus Covid-19 baik yang ada di Indonesia maupun secara global. Puncak penyebarannya diperkirakan mencapai 20 ribu kasus per hari berdasarkan pengamatan dari puncak kasus di negara lain.
 
Menkes juga memperkiraan puncak dari kasus subvarian BA.4 dan BA.5  diprediksi terjadi pada bulan Juli mendatang setelah dirinya sudah melakukan identifikasi terlebih dahulu. “(Puncaknya) satu bulan sesudah diidentifikasi, jadi sekitar minggu ke-3-minggu 4 Juli, dan kemudian nanti akan turun kembali,” ucapnya 

Menkes juga menegaskan, perlu adanya perhatian dari masyarakat yang peduli dengan kasus subvarian BA. 4 dan BA. 5 yang terus meningkat di Indonesia. “Tetapi yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality rate-nya atau kematiannya itu jauh lebih rendah, mungkin seperduabelas atau sepersepuluh dari Delta dan Omicron,” ungkapnya

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk agar tetap disiplin dan berhati-hati saat keluar rumah, serta berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:59
03:12
02:25
01:23
01:21
01:19
Viral