Ilustrasi Pekerja Migran.
Sumber :
  • Istimewa

Extraordinary ! Pekerja Migran Meninggal Belasan Orang di Malaysia, Garda BMI Minta Kemlu RI Panggil Dubes Malaysia

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:57 WIB

Jakarta - Menanggapi pernyataan Kementerian Luar negeri (Kemlu) RI terkait dengan laporan meninggalnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) di rumah tahanan Malaysia. Diketahui dugaan belasan warganegara Indonesia tersebut meninggal akibat Covid-19.

Ketua Garda BMI, Imam Subali justru melihat tanggapan Kemlu terhadap laporan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) adalah sebagai bentuk lemahnya diplomasi.

"Terkait meninggalnya rekan PMI di tahanan Malaysia. Garda BMI meyayangkan kejadian itu dan sekaligus menyayangkan sikap diplomasi pemerintah RI," ujar Imam kepada tvonenews melalui sambungan telepon, Selasa (28/06).

Imam meminta agar Kemlu membuat investigasi dan mendalami kasus tersebut. Bagi dia, ini merupakan kejadian extraordinary yang harus diusut tuntas.

"Meninggal satu WNA sudah menjadi pembahasan. Sedangkan PMI sebanyak itu tidak ada kelanjutan dan ini kejadian luar biasa. Saya kira wajib adanya investigasi di lapangan," terangnya.

Dirinya meminta Kemlu RI wajib memanggil Dubes Malaysia untuk Indonesia dalam menyelesaikan masalah tersebut."Wajib mengambil sikap tegas secara diplomatik dan memanggil dubes Malaysia," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri melalui siaran tertulisnya menilai laporan berjudul “Seperti di Neraka: Kondisi di Pusat Tahanan Imigrasi di Sabah, Malaysia".

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral