Pakar Sebut Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina strategis pulihkan ekonomi.
Sumber :
  • antara

Pakar Sebut Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia-Ukraina strategis pulihkan ekonomi

Sabtu, 2 Juli 2022 - 12:49 WIB

Jakarta - Pakar perdagangan ekonomi dunia dan politik internasional Universitas Gajah Mada (UGM), Riza Noer Arfani menyebutkan bahwa kunjukan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia sangat strategis untuk pemulihan ekonomi global.

"Kalau tidak ada langkah-langkah terobosan terhadap perang ini kemungkinan harga minyak akan terus naik bisa menimbulkan resesi global dan stagflasi. Menimbulkan fenomena inflasi yang tinggi dibarengi dengan kemandekan ekonomi," kata Riza dikutip dari laman resmi UGM di Yogyakarta, Sabtu (2/7/2022).

Riza Noer Arfani mengatakan bahwa kunjungan Presiden Joko Widodo amat bermakna dan strategis karena pemulihan ekonomi yang sudah digagas sejumlah pihak, etrmasuk anggota G20 saat ini sangat terancam karena peperangan Rusia dan Ukraina.

Jika perang tersebut berlangsung lama maka akan sangat berdampai bagi tiga sektor penting yaitu pangan, energi dan kesehatan.

Riza Noer Arfani mengatakan bahwa problem pangan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi di Forum G7 tentang persoalan tersebut telah mengancam negara-negara sedang berkembang karena jika rantai pasok pangan terganggu maka akan berdampak pada naiknya harga bahan pokok.

Pada sektor energi menurt Riza Noer Arfani, perang Rusia dan Ukraina mendorong gejolak harga minyak sehingga berpengaruh pada negara-negara yang tengah berkembang termasuk Indonesia.

Menurutnya, sanksi terhadap Rusia atas peperangan itu juga menimbulkan ketidakpastian harga energi global terutama pada minyak.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
Viral