Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Brigjen Sambodo Purnomo Yogo.
Sumber :
  • Dok. Humas Polda Metro Jaya

Viral Wacana Tilang Stut Motor Rp 250 Ribu, Polda Metro Jaya: Masyarakat Sedang Kesulitan Justru Harus Ditolong Bukan Ditilang

Minggu, 10 Juli 2022 - 15:43 WIB

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menjawab kabar viral yang beredar terkait stut motor bisa ditilang sebesar Rp 250 ribu hingga kurungan penjara selama sebulan. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Brigjen Sambodo Purnomo Yogo memastikan pihaknya tidak sanksi tilang atau denda kepada pengendara motor yang melakukan stut. 

Menurutnya, stut adalah salah satu cara seseorang menolong pengendara motor lainnya yang sedang kesulitan. 

"Jadi, tidak ada (tilang,red). Stut itu karena ada motor yang mogok atau habis bahan bakarnya. Itu artinya masyarakat sedang kesulitan," ujar Brigjen Sambodo di Jakarta, sebagaimana dikutip Minggu (10/7/2022).

Brigjen Sambodo menjelaskan pihaknya seharusnya menolong pengendara motor yang kesulitan di jalan. Oleh karena itu, dia meminta seluruh jajarannya agar membantu masyarakat yang melakukan stut. 

"Polisi seharusnya menolong, bukan menilang," tegasnya. 

Selain itu, Sambodo menegaskan tidak ada aturan lalu lintas yang mengatur soal sanksi stut bagi pemotor. Menurutnya, hal itu perlu diluruskan agar tidak menjadi permasalahan pada kemudian hari. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
04:55
Viral