Jokowi di Labuan Bajo.
Sumber :
  • kemenparekraf

Labuan Bajo Terus Berbenah, Presiden Jokowi Ungkap Target Kedatangan Wisatawan 1 Juta Orang

Kamis, 21 Juli 2022 - 22:38 WIB

Nusa Tenggara Timur - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan angka kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo tembus satu juta per bulan. Bahkan akan ditambah menjadi 1,5 juta setelah proyek perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Komodo selesai dikerjakan.

“Target pertama Labuan Bajo ini harus minimal satu juta (wisatawan) karena memang airport-nya kapasitasnya seperti itu. Tapi kalau nanti runway-nya sudah diperpanjang, (pesawat) wide body bisa masuk, naik lagi ke 1,5 juta. Saya sudah sampaikan ke Menteri Pariwisata, Pak Sandiaga Uno,” papar Jokowi di Labuan Bajo, Kamis (21/7/2022).

Jokowi pun meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memenuhi target tersebut karena telah dibutuhkan waktu dua tahun menata  dengan serius infrastruktur di Labuan Bajo dengan anggaran yang tidak sedikit.

Dia juga meminta dukungan pemerintah daerah (Gubernur dan Bupati) untuk ikut menyukseskan target tersebut. Salah satunya dengan menjaga tempat wisata bersih dan terbebas dari sampah. 

“Jangan sampai sampah bertebaran di mana-mana. Hal kecil-kecil tapi itu hati-hati, itu akan dilihat oleh turis, oleh wisatawan nusantara. Dia kembali atau tidak, karena ini, salah satunya karena hal-hal seperti itu. Keramahan kita dalam melayani wisatawan itu juga sangat penting,” imbuh Jokowi.

Terkait habitat hewan Komodo sebagai tempat wisata, Jokowi menjelaskan bagi wisatawan yang ingin melihat langsung hewan endemik tersebut, dia menyarankan untuk berkunjung ke Pulau Rinca.

“Untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan juga untuk komodonya. Komodo di Pulau Rinca dan di Pulau Komodo itu, komodonya juga sama, wajahnya juga sama. Jadi kalau mau lihat komodo, silakan ke Pulau Rinca, di sini ada Komodo,” tandas Jokowi.(pag/ppk)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral