Presiden Joko WIdodo dan Ketua DPR Puan Maharani.
Sumber :
  • BPMI Setpres/Laily Rachev

Potret Kemesraan Jokowi-Puan Maharani: dari IKN Lanjut ke Sarinah

Minggu, 31 Juli 2022 - 19:09 WIB

Jakarta - Momen kebersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua DPR Puan Maharani, semakin intens. Momen terbaru terjadi saat Jokowi meresmikan wajah baru Sarinah di Jakarta Pusat pada Kamis (14/7/2022). Jokowi terlihat bersama Puan dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Jokowi, Puan, dan Megawati berjalan bersama mengelilingi Sarinah. 

Menurut Presiden, Sarinah memiliki sejarah dan makna yang luar biasa. Pusat perbelanjaan tersebut digagas oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dengan misi besar yang sangat mulia yaitu untuk kegiatan perdagangan barang-barang lokal, produk-produk dalam negeri Indonesia. “Inilah yang akan kita teruskan,” ujar Jokowi saat itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ketua DPR, yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengunjungi IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Jokowi dan Puan meninjau pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). Puan bersama Jokowi dan sejumlah menteri melihat perkembangan proyek pembangunan ibu kota negara baru tersebut. Kunjungan kerja Jokowi bersama Puan turut mengajak sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media massa nasional.

Dalam sesi wawancara dengan pemred salah satu TV nasional, Puan dimintai tanggapan mengenai kekhawatiran sejumlah kalangan soal pembangunan IKN Nusantara tidak akan berlanjut setelah ada pergantian presiden. Puan pun menyatakan, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara sudah menegaskan pembangunan ibu kota negara baru harus dilaksanakan hingga tahun 2045.

“UU IKN sudah disahkan di DPR artinya sudah ada panduan hukum (presiden yang akan datang) harus meneruskan atau melanjutkan IKN ke depan,” kata Puan. Tak hanya itu, UU IKN juga sudah mengatur pembangunan ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dilakukan secara multiyears sebab diprediksi megaproyek itu akan memakan waktu selama 23 tahun.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral