Putri Candrawathi Muncul ke Publik Pertamakalinya di Mako Brimob, Minggu (7/8/2022).
Sumber :
  • tim tvonenews

Dugaan Pelecehan Istri Ferdy Sambo, Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan

Senin, 8 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Jakarta - Komite Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan kerjasama dengan Komnas Perempuan untuk memeriksa istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dalam kasus tewasnya Brigadir J

"Supaya langkah ini lebih profesional, maka kami memutuskan lebih baik kalau kita juga mempercayakan Komnas Perempuan yang memang ranahnya di dalam isu kekerasan seksual, lebih spesifik lagi isu perempuan," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM, Senin (8/8/2022).

Taufan turut menyampaikan bila Komnas HAM selama ini menghormati proses penyelidikan dugaan kekerasan seksual ini sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Dalam Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual menyebutkan bila seseorang yang melaporkan tentang dugaan tindak pidana kekerasan seksual maka harus diasumsikan dan diperlukan sebagai korban lebih dulu.

"Sebagaimana berkali-kali sudah pernah kami sampaikan, kita meminta semua masyarakat untuk memahami bahwa terkait dugaan kekerasan seksual sebagaimana standar hak asasi manusia yang diakui di internasional maupun yang sekarang sudah diakomodasi dalam Undang-Undang TPKS maka seseorang yang mengatakan dirinya atau kemudian sudah mengadukan dugaan kekerasan seksual itu kepada lembaga hukum tentu saja harus diasumsikan bahwa orang tersebut adalah korban, diasumsikan dan diperlakukan sebagai seorang sebagaimana layaknya korban," kata Taufan.

Karena itu, lanjutnya, selama ini Komnas HAM dalam penyelidikannya sangat menghormati adanya langkah pendampingan kesehatan, pendampingan psikologi klinis, dan lain-lain. "Dan tidak akan melakukan langkah apapun sebelum ada persetujuan, tidak saja dari Ibu PC tapi juga dari psikolog klinis, kita menghormati itu semua. Perkara di luar orang berdebat segala macam, silakan orang berdebat, standar hak asasi harus diberlakukan oleh Komnas HAM sebagaimana mestinya," paparnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Komnas Perempuan punya pengalaman yang sudah lama dalam menangani isu perempuan. Dia berharap Komnas Perempuan bisa membantu Komnas HAM.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral