Ilustrasi Indihome.
Sumber :
  • ANTARA

Diduga Akses Situs Terlarang Hingga Data Pelanggan Indihome Diretas, Telkom Sebut Sistem Pengamanan Data Internal Pelanggannya Berlapis

Senin, 22 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Jakarta - Sejak Minggu (21/8/2022), publik dikagetkan dengan dugaan pencurian 26 juta riwayat browsing pelanggan IndiHome dan dibagikan gratis di forum hacker, beserta dengan nama dan NIK para pelanggannya

Menyikapi informasi ini perwakilan Telkom Group menyatakan data-data IndiHome yang diduga bocor tidak valid, terlebih jumlah total pelanggan Indihome hanya 8 juta. Namun demikian, pihak Telkom group menyatakan tetap melakukan pemeriksaan atas data-data tersebut. 

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation, Telkom, Ahmad Reza menduga histori browsing pengguna indihome tersebut bukan berasal dari internal Telkom, melainkan dari situs lain.

"Ada kemungkinan data-data histori browsing diretas karena mengakses situs-situs terlarang. Sebaiknya memang kita semua bijak menggunakan akses internet dan waspada terhadap situs-situs terlarang karena bisa saja mengandung malware," kata Reza, sebagaimana dikutip dari ANTARA, Senin (22/8/2022).

Reza juga menegaskan pihaknya tetap melakukan pemeriksaan atas data-data tersebut. "Kami dari (Minggu,red*) pagi sudah dan terus melakukan pengecekan dan investigasi mengenai keabsahan data-data tersebut. Temuan awal data itu hoaks dan tidak valid," kata Reza.

Berdasarkan penyelidikan awal, Telkom menyatakan mereka tidak pernah memberikan email untuk pelanggan IndiHome dan bahwa domain alamat mereka adalah @telkom.co.id.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral