vaksinasi pelajar.
Sumber :
  • tvOne

Cegah Penyebaran Covid Saat PTM, 79.182 Pelajar di Semarang Segera Terima Vaksinasi

Sabtu, 11 September 2021 - 10:07 WIB

Semarang, Jawa Tengah - 79.182 pelajar setingkat SMP di Kabupaten Semarang direncanakan akan menerima vaksinasi. Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang sudah melakukan pendataan seluruh pelajar sekolah yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Saat ini ada persediaan 33.330 dosis vaksin Sinovac di gudang penyimpanan Dinkes dan rencananya vaksin itu akan dialokasikan untuk para siswa berusia 12 tahun ke atas setingkat SMP dan sederajat baik swasta maupun negeri serta yang dibawah naungan Kementerian Agama.

Vaksinasi untuk kalangan pelajar ini sengaja dilakukan untuk mencegah merebaknya pandemi Covid-19 pada anak terutama di lingkungan sekolah. Hal ini menjadi penting sebab beberapa wilayah di tanah air sudah melakukan proses pembelajaran tatap muka (PTM).

"Beberapa sekolah sudah menjalankan vaksinasi, ini memang bertahap. Tahapan vaksinasi untuk anak sekolah akan diteruskan sesuai ketersediaan vaksin yang diterima. Hal itu untuk memberikan kenyaman dan keamaan pembelajaran tatap muka," hal ini dikatakan Kepala Dinkes Kabupaten Semarang Ani Rahardjo di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Terkait cakupan vaksinasi di Kabupaten Semarang, saat ini vaksinasi dosis 1 tercatat sebanyak 331.855 orang dari total sasaran 830.815 atau 39,94 persen. Sedangkan penerima vaksin dosis 2 sebanyak 206.305 orang atau 24,83 persen. Lebih lanjut Ani mengatakan setiap Puskesmas ada dua tim vaksinasi yang rata-rata mampu melayani vaksinasi untuk 250 warga. "Nantinya akan ada sentra pelayanan vaksinasi untuk melayani warga ber-KTP Kabupaten Semarang dengan keperluan mendesak. Pelayannya akan melibatkan tenaga kesehatan dari faskes swasta," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ungaran Lilik Nurcholis mengatakan ada 1200 siswa disekolahnya yang mendapatkan vaksinasi. "Rencana masih ada alokasi 1.500 siswa lagi di Kecamatan Ungaran, dan guna meghindari kerumunan dan tidak mengganggu PTM(pembelajaran tatap muka) pemberian vaksin dibagi tiap kelas", ujarnya.


Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo menambahkan, vaksinasi untuk pelajar diharapkan bisa selesai pada bulan September. "Harapannya bulan September ini selesai semuanya. Getasan kemarin sudah 1.500 pelajar, dan saat ini di Ungaran ada 1.200 pelajar, nanti menyusul seluruh kecamatan yang ada, tinggal nunggu distribusi vaksin dari Dinkes Provinsi," paparnya. (aditya bayu/afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral