Flemming Moller Mortensen.
Sumber :
  • Antara

Indonesia Bisa Menjadi Pemimpin Energi Hijau di Asia Tenggara

Rabu, 7 September 2022 - 18:04 WIB

Jakarta - Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Kerja Sama Nordik Denmark, Flemming Moller Mortensen yakin Indonesia bisa menjadi pemimpin energi hijau di Asia Tenggara

“Indonesia memiliki ambisi besar yang positif untuk mendorong transisi energi melalui pengembangan energi terbarukan,” kata Mortensen dalam pertemuan G20 Development Ministerial Meeting di Belitung, Bangka Belitung, Rabu (7/9/2022).

Menurut Mortensen, untuk mendorong langkah pengembangan energi hijau di Indonesia, yang masih dominan menggunakan energi fosil, diperlukan reformasi kebijakan energi di Indonesia. 

“Dalam praktik di lapangan, pasokan energi hijau dan energi fosil membutuhkan reformasi dalam subsidi minyak fosil yang mahal,” ujarnya.

Mortensen juga mengatakan bahwa ada beberapa poin penting dalam transisi energi. Pertama, menarik investasi swasta yang diperlukan. Karena itu, perlu kerangka kebijakan yang ambisius. Sementara, kerangka kebijakan juga harus dapat diperhitungkan dan transparan. Sebab, kerangka kebijakan yang transparan adalah kunci menciptakan kepercayaan investor dan menarik investasi swasta ke sektor ekonomi biru.

Kedua, menurut dia, harus ada insentif yang tepat untuk pengembangan energi hijau. Sementara kebijakan pengembangan peta jalan ekonomi biru, harus sejalan dengan pengembangan energi hijau di Indonesia. 

“Ekonomi biru yang kuat harus didasarkan pada transisi energi hijau yang adil dan merata. Keduanya harus dapat berjalan beriringan,” kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral