Vaksin Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes DKI Mulai Hari Ini.
Sumber :
  • Unsplash.com/Ian Hutchinson

Vaksin Moderna dan Pfizer Tersedia di Seluruh Faskes DKI Mulai Hari Ini

Kamis, 16 September 2021 - 17:54 WIB

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI) Jakarta menyediakan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer di semua fasilitas kesehatan (faskes). Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan vaksin Moderna atau Pfizer.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan telah meminta Suku Dinas Kesehatan dan Puskesmas memaksimalkan faskes serta sentra vaksin yang ada di setiap wilayah untuk melayani vaksinasi semua jenis vaksin Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer secara bersamaan.

"Mulai hari ini, layanan vaksinasi jenis Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di Jakarta," ujar Widyastuti di kantornya, Kamis (16/9).

Widyastuti juga menjelaskan bagi WNI dengan KTP luar Jakarta tetap dapat menerima vaksin Pfizer di faskes manapun. Namun, untuk vaksin Moderna, WNI non-DKI hanya dapat diakses di RS milik Kementerian Kesehatan dan faskes di bawah naungan TNI/Polri.

“Faskes di luar itu, hanya bisa menyuntikkan Pfizer bagi WNI ber-KTP DKI Jakarta dan domisili di Jakarta," imbuhnya.

Vaksin Moderna dan Pfizer akan diberikan pada warga yang melakukan vaksinasi dosis pertama. Tetapi untuk Pfizer, hanya boleh diberikan pada warga usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil.

Sementara itu, untuk vaksin Moderna sasaran usia 18 tahun ke atas dan ibu hamil. Sedangkan bagi calon penerima vaksin dengan immunocompromised, seperti penyakit komorbid berat, penyakit autoimun, pasien dalam terapi imunosupresan harus menyesuaikan dengan rekomendasi dokter pribadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral