Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar menaburkan bunga di makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Selasa (27/9/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Hasil Survei, Elektabilitas Cak Imin di Internal NU Belum "Ngangkat"

Kamis, 29 September 2022 - 17:06 WIB

Jakarta - Elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di mata warga Nahdlatul Ulama (NU) belum terdongkrak naik dikarenakan belum mendapatkan kepercayaan yang meyakinkan dari warga NU. Demikian salah satu hasil survei yang dilakukan Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) bertajuk 'Peluang Tokoh NU di Pilpres 2024'.

"Kita belum rilis resmi hasil survey terbaru ini, karena masih dalam tahap analisis data. Hanya kepada teman-teman wartawan ini saya beberkan sedikit, tapi khusus untuk elektabilitas Cak Imin yang belum 'ngangkat'," kata Direktur Eksekutif CSIIS Sholeh Basyari, dikutip Kamis (29/9/2022)

Ia memaparkan, dari beberapa kali survei yang dilakukan, elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar masih belum mendapatkan kepercayaan yang meyakinkan dari warga NU.

Melihat dan menganalisa elektabilitas Muhaimin Iskandar, menurut Sholeh menjadi menarik mengingat dirinya dari kalangan NU yang sudah deklarasi untuk ikut pilpres.

Selain itu, sebagai ketum partai, Muhaimin juga menjadi tokoh NU yang memiliki peluang paling besar sebagai capres maupun cawapres.

"Namun peluang besar itu, tidak didukung oleh tingginya elektabilitas. Untuk kalangan warga NU sendiri, elektabilitasnya masih kalah oleh Khofifah dan Mahfud MD. Ini tentu menjadi lampu kuning bagi Cak Imin," sambungnya.

Upaya-upaya konsolidasi dan sosialisasi yang gencar dari Muhaimin, kata Sholeh tidak memperlihatkan kenaikan elektabilitas yang signifikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral