Letkol Untung saat menjalani sidang di pengadilan militer.
Sumber :
  • Arsip Nasional

Akhir Hayat Letkol Untung, Dengan Suara Bergetar Komandan G30S PKI Itu Titipkan Pesan Ini Jelang Dieksekusi Regu Tembak

Jumat, 30 September 2022 - 01:09 WIB

Letnan Kolonel Untung, mantan komandan pasukan Cakrabirawa yang juga pimpinan Gerakan 30 September PKI itu menatap sahabatnya, dr Soebandrio, mantan Wakil Perdana Menteri pada Kabinet Dwikora I pada masa Presiden Soekarno.

Keduanya bertemu untuk terakhir kalinya sebagai sesama tahanan di penjara Cimahi, Jawa Barat, pada penghujung tahun 1966, pasca G30S PKI ditumbangkan oleh Soeharto.

Mata prajurit yang dikenal sebagai sosok pemberani di medan pertempuran itu terlihat berkaca-kaca, suaranya bergetar saat menyampaikan kata-kata perpisahan kepada Soebandrio.

"Pak Ban, selamat tinggal. Jangan sedih. Empat hari lagi kita ketemu lagi di sana, katanya sambil menunjuk ke atas. Untung mengucapkan kata perpisahan dengan suara bergetar. Matanya kelihatan berkaca-kaca." ungkap Soebandrio menuturkan perkataan Letkol Untung, sebagaimana yang ia tulis dalam memoarnya "Soebandrio: Kesaksianku Tentang G30S".

Foto: Letkol Untuk (kiri) dan dr. Soebandrio (kanan) - (Dok.Arsip Nasional-Wikipedia)

Soebandrio menuturkan, pertemuan terakhirnya dengan Letkol Untung itu berlangsung dalam suasana yang haru. Hari itu mereka telah mendapat kabar, bahwa Letkol Untung segera dieksekusi mati, dan empat hari setelah itu akan menyusul pula giliran Soebandrio.

"Menanggapi perkataan Untung, saya tidak bisa bicara apa-apa. Saya hanya mengangguk-angguk. Para sipir dan tentara yang menjaga kami menyaksikan semua adegan singkat tapi mengharukan ini." tulis Soebandrio. 

Untung dan Soebandrio, keduanya diadili di Mahkamah Militer Luar Biasa dengan tuduhan subversi dan dijatuhi hukuman mati karena dianggap terlibat dalam peristiwa berdarah Gerakan 30 September PKI atau G30S PKI. 

Foto: Letkol Untung saat menjalani sidang di pengadilan militer (Dok.Perpustakaan Nasional)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral