Banjir di Jalan Gerilya Samarinda, Kaltim, akibat hujan sedang ysng mengguyur kota ini, Minggu (9/10/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan, BNPB Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 10 Oktober 2022 - 08:07 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem terhitung mulai tanggal 09 sampai 15 Oktober 2022. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) minta pemangku kebijakan daerah dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. 

"Kepada pemangku kebijakan daerah dan masyarakat agar meningkatkan kewasapadaan. Selanjutnya peningkatan koordinasi antar K/L yang ada di daerah guna memupuk sinergitas bersama dalam penanggulangan bencana," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Adapun, lanjut Abdul, penataan lingkungan juga menjadi penting untuk pencegahan jangka panjang. "Khusus untuk mencegah pohon tumbang karena angin, maka pemangkasan cabang dan ranting harus dilakukan secara berkala," kata dia.

Berikutnya sosialisasi dan imbauan baik kepada instansi terkait maupun masyarakat agar dilakukan. Sebab penanggulagan bencana adalah urusan bersama.

Selanjutnya apabila ada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun di bawah lereng atau tebing agar dievakuasi sementara jika terjadi hujan dalam durasi lebih dari dua jam.

BNPB juga minta pemerintah daerah mengaktifkan tim siaga hingga menyiapkan dan mengelola sumber daya manusia, logistik dan peralatan serta pusdalops daerah juga menjadi penting agar komponen yang telah terbentuk lebih siap sebelum terjadi bencana.

"Apabila diperlukan, maka pemerintah di daerah dapat menetapkan status tanggap darurat dan membentuk pos komando. Selain itu perbarui informasi prakiraan cuaca dan penanggulangan bencana melalui instansi terkait seperti BMKG, BNPB, BPBD, TNI, Polri, Basarnas dan lintas instansi terkait lainnya," papar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral