PUPR alokasikan triliunan rupiah untuk infrastruktur air minum Jakarta.
Sumber :
  • antara

Kementerian PUPR Telah Alokasikan Dana Triliunan Rupiah Untuk Bangun Infrastruktur Air Minum di Jakarta

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:34 WIB

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengalokasikan dana triliunan rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan sumber-sumber lain untuk membangun infrastruktur air minum di Jakarta.

Proyek tersebut, kata Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Riono Suprapto, merupakan salah satu upaya untuk membantu memenuhi target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 yang mengamanatkan capaian 100 persen air minum layak dan 30 persen air minum aman secara nasional.
"Untuk pencapaiannya sampai dengan akhir 2021 baru mencapai 19,78 persen. Jadi dengan alokasi anggaran tersebut, kami berharap dapat mendukung seluruh kebutuhan pelayanan air minum khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya," tutur Riono dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Anggaran triliunan rupiah itu, dijelaskan oleh Riono, akan digelontorkan untuk membangun jaringan perpipaan hilir tahap 1 untuk menyerap air minum curah pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur 1 pada tahun anggaran 2023-2024 yang pembiayaan melalui APBN murni-nya sebesar kurang lebih Rp257 miliar yang ditambah dengan melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp958 miliar.

Selain itu, juga dianggarkan untuk infrastruktur hilir tahap 1 bagi penyerapan air minum curah pada SPAM Regional Karian Serpong yang juga direncanakan pembiayaannya melalui APBN murni dan SBSN mulai tahun 2024 dengan perkiraan total anggaran sebesar Rp615 miliar.

Riono menyebutkan  pembangunan infrastruktur yang mereka lakukan, tidak akan berjalan dengan optimal tanpa dukungan dan kolaborasi berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan badan usahanya seperti jika di Jakarta adalah Perumda PAM Jaya, serta swasta.

"Karenanya perlu terus ditingkatkan antara kementerian PUPR dengan segenap pemangku kepentingan, baik dari Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian dan Lembaga lainnya, tentunya pelibatan swasta dan kolaborasi kami antara pemerintah pusat dan daerah harus terus ditingkatkan," ucapnya.

Riono mengatakan bahwa pemerintah pusat bersama berbagai pemerintah daerah terus bekerja sama dalam membangun infrastruktur penyediaan air minum untuk meningkatkan secara bertahap pemenuhan target RPJMN tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral