Gerbang Tol Kota Bogor, Senin (24/10/22).
Sumber :
  • bpjt.pu.go.id

Kenali Apa Itu MLFF, Alat Bayar Tol Nirsentuh Gantikan E-Toll

Senin, 24 Oktober 2022 - 10:39 WIB

Jakarta - Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik (e-toll) menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem pembayaran MLFF, rencananya akan dilakukan secara bertahap pada akhir tahun 2022 ini.

“Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) akan menjadi yang pertama kalinya hadir di Indonesia sebagai teknologi yang menerapkan bayar tol tanpa sentuh dengan menggunakan ponsel untuk semua golongan jenis kendaraan,” tulis akun Twitter  resmi milik Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) @pupr_bpjt, dikutip Senin (24/10/22). 

Lantas, apa itu MLFF?

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, MLFF merupakan sistem pembayaran tol berbasis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. 

Dengan sistem MLFF itu sendiri pengguna jalan tol dapat melewati gerbang tol tanpa harus berhenti untuk melakukan pembayaran. Dengan penerapan MLFF diharapkan tak ada lagi kemacetan di gerbang tol, karena proses transaksinya jadi lebih singkat. 

Penerapan sistem MLFF juga menurunkan estimasi waktu transaksi di gerbang tol menjadi 0 detik. Sebelumnya, kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik (e-toll) memakan waktu sekitar 4 detik dan 10 detik saat menggunakan transaksi tunai. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral