Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) memperingati Hari Sepeda Sedunia (World Bicycle Day).
Sumber :
  • Antara

Anies: Gedung Perkantoran di Jakarta Wajib Sediakan Parkir Sepeda

Jumat, 4 Juni 2021 - 14:55 WIB

Jakarta, 4/6 – Pemprov DKI  Jakarta meminta agar setiap gedung perkantoran di ibu kota dapat menyediakan lahan parkir khusus untuk sepeda. Hal ini untuk memfasilitasi masyarakat yang menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi.

Menurut Anies, Penyediaan lahan parkir untuk sepeda disediakan minimal 10 persen dari kapasitas parkir yang tersedia. Atas kebijakan ini, Pemprov DKI  Jakarta mendorong agar kegiatan bersepeda tidak hanya dijadikan sebagai sarana olahraga semata melainkan  bisa dijadikan sarana transportasi.

“Sekarang yang perlu kita dorong adalah  sepeda sebagai alat transport untuk keseharian, kami menganjurkan untuk menggunkan sepeda apa saja, tidak perlu baju khusus, sepatu khusus, ambil sepeda lalu gunakan untuk keseharian." Jelas Anies.

Perusahaan juga didorong untuk dapat memberikan insentif bagi karyawan yang bersepeda ke kantor, berupa kredit sepeda hingga subsidi premi asuransi. Lebih lanjut Anies menghimbau agar perusahaan menyediakan tempat bilas untuk menunjang karyawan mereka yang bersepeda agar lebih segar dan rapi saat bekerja.

Kini Pemprov DKI telah menambah jalur bagi pesepeda dengan target lebih dari 170 kilometer pada akhir tahun ini. Pemprov DKI Jakarta berharap beragam tambahan fasilitas yang disediakan bagi pesepeda, mampu mendorong lingkungan Jakarta lebih bersih dan sehat warganya.

"Jalur sepeda saat ini totalnya 63 kilometer, tambahan untuk tahun ini ada 101 kilometer, jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 kilometer jalur sepeda," kata Anies

Penambahan jalur sepeda yang terus digalakan oleh pemprov DKI Jakarta sebagai bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk menggalakan sepeda tak hanya sebagai sarana olahraga melainkan sebagai sarana transportasi. (mii/maria)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral