Muhaimin Iskandar saat memberikan penghargaan Santri Of The Year.
Sumber :
  • Istimewa

Gus Dur Pernah Jadi Presiden, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid Sebut Pilpres 2024 Kaum Santri harus jadi Presiden

Minggu, 30 Oktober 2022 - 21:31 WIB

Jakarta - Pandangan terhadap kaum santri diharapkan dapat mengembalikan kejayaan dulu dimana santri juga pernah ada yang menjadi Presiden yakni Presiden ke-IV RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Menurutnya, sejak era Reformasi, peran santri dalam berbagai lini kehidupan masyarakat semakin terlihat. 

”Hari ini ada santri yang menjadi rektor perguruan tinggi, ada yang menjadi dokter, jadi Wakil Ketua MPR, Wakil Ketua DPR, banyak yang jadi kepala daerah. Mudah-mudahan 2024 nanti ada santri yang menjadi presiden seperti Gus Dur dulu,” ujar Jazil dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/10/2022). 

Jazil mengatakan, negara ini merupakan rumah besar bagi para santri. Kiprah santri semakin tersebar luas dan diakui kapasitasnya di berbagai bidang kehidupan. 

”Negara Indonesia ini mayoritas dihuni para santri dan juga dilahirkan oleh santri. Karena itu, hari ini santri dituntut perannya untuk kemajuan bangsa. Untuk mengisi kemerdekaan dan kemajuan bangsa,” katanya. 

Wakil Ketua Umum DPP PKB ini mengatakan bahwa santri bukan hanya berkiprah di bidang keagamaan, namun tersebar di semua lini kehidupan. 

”Jadi kalau dulu era kemerdekaan santri berjuang melawan bom penjajah, sekarang santri berjuang lewat teknologi, lewat berbagai peran untuk mengisi kemerdekaan ini. Tantangan hari ini sebenarnya lebih berat,” katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral