tampak dr Soeharto.
Sumber :
  • istimewa

Profil HR Soeharto, Tokoh yang Dianugrahkan Menjadi Pahlawan Nasional

Rabu, 9 November 2022 - 15:06 WIB

Jakarta - Berikut profil dr HR Soeharto, tokoh yang baru saja dianugrahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah tahun 2022 pada Senin (7/11/2022) lalu. 

Tahun ini, nama dr Soeharto dari Jawa Tengah masuk dalam jajaran daftar lima tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Mahfud Md melalui akun Twitternya @mohmahfudmd. Penganugerahan gelar pahlawan nasional ini dilakukan di Istana Negara pada 7 November 2022 lalu.

HR Soeharto atau Dokter Soeharto dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno sejak sebelum kemerdekaan. Nama Mayor Jenderal H. Dr. dr. R. Soeharto sebelumnya telah diusulkan untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh mantan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Dilansir dari situs Pemprov Jateng, dr Soeharto memiliki nama lengkap Soeharto Sastrosoeyoso. Ia lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah. 

Sebelumnya, dr Soeharto juga pernah menjabat Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno.

Nama dr Soeharto tercatat sebagai salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus menjadi bagian dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral