Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri Buka Pelatihan Dasar Manajemen Bencana (28/9/2021).
Sumber :
  • Antara

Megawati Minta Kepala Daerah PDIP Siapkan Peta Jalan Tanggap Bencana

Selasa, 28 September 2021 - 21:58 WIB

Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta kepala daerah dari partainya untuk membuat peta jalan tanggap bencana.

"Para kepala daerah, bergeraklah membuat peta jalan ketika bencana terjadi. Kalau terjadi bencana, kemana jalur evakuasinya. Ini contoh persiapan kita dan bisa dikoordinasikan. Sehingga meminimalkan korban. Saya ingatkan rakyat itu harus diorganisir. Dan itu menjadi tugas kalian semua," kata Megawati saat membuka Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD dan DPC di seluruh Indonesia secara daring, Selasa.

Pelatihan itu dilaksanakan secara virtual atas kerja sama partai berlambang kepala banteng itu dengan Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas).

Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jalan Teuku Umar Jakarta Pusat, bersama Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Ada juga Kepala BNPP/Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Megawati tidak mau dalam upaya menangani bencana hanya sekadar melalui pelatihan-pelatihan saja, namun harus ada tindak lanjut praktisnya.

"Tolong dijalankan. Kita harus meniru orang Jepang yang sudah well organized dalam menghadapi bencana. Alangkah senangnya bila kita bisa zero victim artinya tak ada orang jadi korban. Doanya selalu begitulah," kata Megawati dalam siaran persnya.

Presiden Kelima RI itu juga meminta para kepala daerah dari partainya untuk memperhatikan sungai di wilayah masing-masing, di tengah banyaknya bencana banjir di berbagai kota besar seluruh dunia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral