Dr Oce Madril.
Sumber :
  • Ist

Widodo Ekatjahjana Mundur dari Seleksi Dirjen Imigrasi, Pakar Hukum: Sangat Disayangkan

Jumat, 25 November 2022 - 12:04 WIB

Jakarta - Keputusan Plt Dirjen Imigrasi Prof Widodo Ekatjahjana mundur dari seleksi terbuka jabatan Dirjen Imigrasi disayangkan sejumlah pihak. Diketahui, sederet prestasi dan gebrakan di tubuh Imigrasi telah lahir selama kepemimpinan Prof Widodo. 

Akademisi Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Oce Madril mengaku menyayangkan mundurnya Prof Widodo dari bursa. Menurutnya, ada banyak kemajuan yang dilakukan oleh Prof Widodo selama memimpin Ditjen Imigrasi. Namun, keputusan Prof Widodo karena satu alasan harus dihormati.

"Terutama beberapa waktu belakangan ini, Prof Widodo berhasil menjawab teguran Presiden agar Imigrasi melakukan inovasi dan berperan dalam mendukung iklim investasi," ucap Oce Madril.

Oce menambahkan, Imigrasi berhasil mengukir sejarah penerimaan PNBP sebesar Rp3,6 triliun, terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan kinerja yang sangat positif jajaran Ditjen Imigrasi di bawah kepemimpinan Prof Widodo.

Selain itu, Prof Widodo juga berhasil membuat kebijakan yang ramah terhadap investor, seperti kebijakan second home visa bagi kalangan tertentu. 

"Hal penting yang harus dicatat bahwa Prof Widodo adalah seorang pakar hukum, sehingga dia sangat paham akan berbagai aturan yang kadang dapat menghambat ruang gerak inovasi pelayanan Imigrasi. Di sisi lain, dia sangat paham bagaimana membuat inovasi kebijakan hukum. Buktinya, lahir serangkaian kebijakan yang inovatif," ungkap Oce Madril.

Sebelumnya, Prof Widodo dalam suratnya menuliskan pengunduran dirinya dilakukan atas dasar kesadaran dan pertimbangan pribadi. Semoga akan lahir pemimpin baru di Ditjen Imigrasi yang dapat membawa perubahan Imigrasi ke arah yang lebih baik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral