Ketua DPR Puan Maharani terima Surpres pergantian panglima TNI, di DPR, Senin (28/11/2022).
Sumber :
  • tim tvonenews/syifa

Pergantian Panglima TNI, Puan Maharani Targetkan Tuntas Sebelum DPR Reses

Senin, 28 November 2022 - 17:13 WIB

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani telah menerima surat presiden (Surpres) dari Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno ihwal usulan nama calon pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yakni Laksamana TNI Yudo Margono.

Puan menjelaskan pihaknya akan menindaklanjuti isi Surpres tersebut sesuai mekanisme yang berlaku. Yakni, Yudo Margono akan mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi I DPR.

"Dengan surat resmi presiden yang telah kami terima, artinya bapak Laksamana Yudo Margono KSAL bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk nanti melaksanakan fit and proper yang ada di DPR," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2022).

"Kami akan menindaklanjuti untuk menugaskan Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru," lanjut Puan. 

Dia menjelaskan DPR masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan fit and proper test sebelum memasuki masa reses. DPR akan memasuki masa reses atau sidang penutupan pada 15 Desember 2022 mendatang.

"Jadi waktunya untuk bisa memenuhi semua mekanisme dan memenuhi prosedur dan undang-undang yang ada masih cukup untuk dibahas sebagaimana seharusnya," tandas dia. 

Diketahui, Jenderal Andika Perkasa masa jabatannya akan berakhir pada 21 Desember 2022. (saa/ito)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral