Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022)..
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar/tvonenews.com

KPU Patuhi Arahan Jokowi Soal Pencegahan Politik Adu Domba Saat Kampanye Pemilu 2024

Jumat, 2 Desember 2022 - 21:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pada Kegiatan Konsolidasi Nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak untuk menghalau politik adu domba dengan mengutamakan politik adu gagasan dalam Pemilu 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa jajarannya akan mengikuti perintah yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.
“Saya kira apa yang disampaikan oleh Pak Presiden tentang adu gagasan itu penting ya di dalam kampanye. Yang kemudian nanti kami jadikan bahan untuk merumuskan, apa sih kampanye dalam bentuk adu gagasan itu,” tutur Hasyim Asy’ari, di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Hasyim Asy’ari menambahkan bahwa politik adu gagasan itu akan dipertimbangkan dalam beberapa faktor, seperti forum atau media yang dimanfaatkan sebagai media para peserta pemilu dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka.

Ada pun, pertimbangan ini tak pelak dari kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020, di mana kampanye di tempat terbuka sangat dibatasi. 
Sehingga, pada Pemilu 2024 nanti KPU akan merumuskan politik sehat lewat adu gagasan.

“Terutama sejak Pilkada 2020 yang dalam situasi Covid itu bentuk kampanye dalam pertemuan-pertemuan terbuka melibatkan banyak orang dihindari, sehingga saya rasa relevan apa yang disampaikan oleh Presiden,” jelasnya.

“Nanti, medianya apa yang digunakan, forumnya apa yang digunakan, lalu gagasan-gagasan apa yang akan diperdebatkan oleh para calon,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kepada peserta Pemilu agar dapat mengedepankan politik adu gagasan bukan politik adu domba.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral