Reza Indragiri saat menjadi saksi di persidangan.
Sumber :
  • Tim tvOne

Bukan Sembarang Kostum, Seragam Ferdy Sambo Punya Kekuatan Lebih Untuk Pengaruhi Bharada E

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:35 WIB

Jakarta – Ahli psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel, hadir sebagai saksi ahli dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J (26/12). Dirinya dihadirkan sebagai saksi ahli untuk terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E.

Ketika bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), laki-laki yang akrab disapa Reza Indragiri ini memberikan beragam kesaksian menarik. Salah satunya mengenai seragam yang dikenakan Ferdy Sambo ternyata mampu mempengaruhi psikologis Bharada E.

Penjelasan Reza Indragiri ini dimulai ketika pihak jaksa bertanya terkait pakaian yang digunakan oleh Bharada E apakah mempengaruhi Bharada E atau tidak. Lantas Reza Indragiri mengatakan bahwa dalam psikologi forensik membutuhkan dua hal untuk menakar pertanggung jawaban seseorang.

Menurut Reza Indragiri ada faktor cognitive competence yaitu seberapa jauh kapasitas untuk memahami perbuatan yang dilakukan seseorang. Yang kedua adalah kehendak yang bersangkutan untuk melakukan perbuatan.


Bharada E dalam persidangan (tvOne/Muhammad Bagas)

“Bahwa interaksi antara Richard Eliezer (Bharada E) dan Ferdy Sambo harus dipahami secara spesifik, harus dipahami secara konkret,” ungkap Reza Indragiri.

Di sisi lain Reza Indragiri juga mencermati pakaian atau kostum yang digunakan oleh Ferdy Sambo ketika memberikan perintah kepada Richard Eliezer. Karena menurutnya kostum juga dapat memiliki pengaruh kuasa ataupun tekanan terhadap suatu perintah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral