Warga Binaan Rutan Klas 1 Labuan Deli tengan membuat kerajinan dari barang bekas.
Sumber :
  • Tim tvOne/Martinus Sitorus

Wow! Karya Warga Binaan Rutan Labuan Deli Belawan, Raup Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Rabu, 6 Oktober 2021 - 16:22 WIB

Belawan, Medan - Tak hanya menjalani hukuman, seluruh warga binaan di Rutan Labuan Deli, Belawan, Medan, juga dibekali sejumlah keterampilan. Dengan begitu, saat mereka kembali ke tengah masyarakat, mereka akan menjadi individu yang mandiri.

Sejumlah kerajinan pun diajarkan di dalam rutan, seperti miniature robot dari mancis, Bonsai, Sapu lidi, Sablon, Hiasan Bunga dan kerajinan tangan lainnya.

Pujianto(40), penduduk Aek Kanopan, Kabupaten Labuhan Batu, yang divonis dua tahun penjara dalam kasus pengelapan yang diganjar hukuman satu tahun penjara, siapa sangka kini menjadi kreatif setelah berada di dalam rutan.  

Ayah dari lima orang anak ini mengatakan, selama di dalam rumah tahanan, ia belajar membuat miniatur robot yang keseluruhan bahannya berasal dari mancis bekas. Pembuatannya memakan waktu selama empat hari, ilmu ini didapat dan dipelajari dari teman-teman penghuni rumah tahan tersebut, tegas Pujianto.

“Setelah setahun menjalani hukuman, mudah-mudahan setelah keluar pada Maret 2022 mendatang dari Rutan, ilmu yang didapat membuat kerajinan tangan ini akan dimanfaatkan setelah bebas nanti,” ungkap Pujianto.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Kelas Satu Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan, sesuai dengan fungsi pemasyarakatan untuk menciptakan manusia yang mandiri.

“Petugas memberikan edukasi yang positif terhadap warga binaan, agar kedepannya bisa melakukan ketrampilkan ditengah masyarakat nantinya.” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral