BKSDA Jember Bersama Bupati Hendy.
Sumber :
  • Sinto

BKSDA Jember Lepas Liarkan Kera Ekor Panjang di Pulau tak Berpenghuni

Jumat, 8 Oktober 2021 - 01:20 WIB

Jember - Setelah menjalani obsevasi selama 2 tahun, BKSDA wilayah 3 Jember melepas liarkan  sekitar 4 ekor ular Phiton (Pythonidae) dan 40 Kera ekor panjang ( Macaca Fascicularis) di Pulau Nuso Barong, pulau tak berpenghuni pada Kamis (7/10).

Selain BKSDA 3 Jember, Bupati Jember Hendy Siswanto, sejumlah warga asing asal Belgia dan tim Jakarta Animal juga ikut melepas satwa liar dilindungi tersebut.

"Kera ekor panjang yang dilepas ini merupakan hasil dari rampasan penyerahan dari masyarakat lalu kita lakukan Observasi selama kurun waktu 2 tahun, dan selanjutnya kita lepas liarkan dihabitatnya yaitu hutan dan pegunungan," Kata Wiwied Widodo Kabid BKSDA Wilayah 3 Jember.

Jenis kera ekor panjang atau bahasa ilmiahnya Macaca Fascicularis ini adalah jenis species yang berkoloni. Diharapkan kera ekor panjang segera beradaptasi dengan habitatnya di pulau Nusa Barong dan segera berkembang biak. 

Sementara itu, Bupati Jember berpesan agar masyarakat Jember selalu menjaga hewan yang dilindungi.

"Hewan dilindungi harus kita jaga bersama sama untuk wisata alam dan juga edukasi masyarakat agar saling menghargai tentang kehidupan hewan tersebut," Kata Bupati Jember  Hendy Siswanto.

Pelepasan hewan liar ke Pulau Nuso Barong tersebut mengunakan 11 perahu nelayan dan membawa 4 kotak khusus hewan dan menempuh waktu kurang lebih 1 Jam dari titik kumpul yaitu di Dusun Njeni, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas. (sinto/ade)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
Viral