Tio yang menderita gizi buruk dan lumpuh.
Sumber :
  • Jo Kenaru/tvOne

Derita Anak Gizi Buruk di NTT, Tio Bocah 6 Tahun hanya Berbobot 4 kg Saja

Minggu, 15 Januari 2023 - 17:08 WIB

NTT, tvOnenews.com - Skolastio Mogensen alias Tio akan berusia 6 tahun pada 10 Februari 2023 mendatang. Tapi berat badannya hanya 4 kilo. Bobot yang seharusnya umum untuk bayi setahun.

Gizi buruk yang dialami anak kelima pasangan Hilarius Nggoro (46) dan Emerensiana Ndese (45) ini diduga penyebab Tio lumpuh. Jangankan duduk merangkak pun Tio tak mampu.

Kondisi yang tidak mampu menopang tubuh kerdilnya membuat Tio tetap berada pada gendongan ibunya. Saat kakak Tio pulang dari sekolah, Emerensiana baru bisa melakukan aktivitas keluar rumah termasuk rutinitas pergi menimba air di Wae Taka yang ditempuh 40 menit berjalan kaki.

Pola asuh yang tidak standar memicu wasting pada Tio di mana berat badannya menurun seiring waktu hingga total berat badannya jauh di bawah standar kurva pertumbuhan atau berat badan.

Bagaimana tidak begitu, sang ibu hanya menyuapi Tio dengan bubur bercampur kuah sayur. 

"Dia tidak bisa kunyah, walaupun sudah lambah tumbuh gigi. Bubur yang disuap tidak langsung langsung ditelan dan selalu buang makanya lemah begini pak," tutur Emirensiana, ditemui di rumahnya di Wae Rana, Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur, Minggu (15/1/2023). 

"Anak saya ini belum bisa duduk atau merangkak. Apalagi untuk jalan," kata Emirensiana melanjutkan. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
Viral