Mendagri Tito Karnavian.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rika Pangesti

Mendagri Tito Minta APBD Digunakan Tepat Sasaran dan Tidak Bocor

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:09 WIB

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepada seluruh pemimpin daerah agar menggunakan anggaran Pemerintah tepat sasaran dan tidak bocor.

Sebab, Tito menjelaskan, anggaran pemerintah, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjadi tulang punggung pembangunan dan persiapan penanganan menghadapi resesi global.

Oleh karena itu, Tito berharap, anggaran tersebut mampu digunakan secara efisien dan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

"Kepala daerah bersama DPRD harus betul-betul menjaga penggunaan anggaran tersebut agar berjalan efektif, efisien, dan tidak bocor," ucap Tito dalam Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Lulusan Akpol 1987 itu mengatakan, rapat koordinasi ini, sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023 beberapa waktu lalu di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Tito meminta kepada seluruh kepala daerah agar mensosialisasikan generasi muda di wilayahnya untuk bekerja di sektor swasta sebagai entrepreneur.

“Supaya mereka membuka lapangan kerja, jangan sampai terlalu berat beban negara untuk belanja pegawai,” kata Mantan Kapolri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral