Uang.
Sumber :
  • Antara/Dhemas Reviyanto

Perempuan Rentan Terjerat Pinjol, KemenPPPA Ungkap Penyebabnya

Minggu, 5 Februari 2023 - 09:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah menyoroti terkait maraknya fenomena pinjaman online (pinjol) yang banyak menjerat kaum perempuan.

Plt Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi KemenPPPA Eko Novi Ariyanti mengungkapkan penyebab perempuan kerap menghadapi hal tersebut.

Menurut Eko Novi, perempuan mengalami ketertinggalan kecakapan literasi di dunia finansial, transformasi digital dan cyber security dibandingkan dengan laki-laki.

“Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat persentase sebesar 54,95% perempuan mendapatkan pinjol sementara laki-laki sebesar 45,05% pada tahun 2021," ungkap Eko Novi dalam keterangannya dikutip pada Minggu (5/2/2023).

Dia mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan menjadi korban dan sasaran pinjol ilegal.

"Karena perempuan memiliki literasi finansial yang relatif lebih rendah dibandingkan laki-laki meskipun perempuan dianggap paling bertanggung jawab dalam urusan domestik,” ujarnya.

Eko Novi menjelaskan, menurut dia, rendahnya literasi finansial yang dihadapi oleh perempuan merupakan salah satu dari kesenjangan gender yang dirasakan oleh perempuan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral