Presiden Partai Buruh Said Iqbal.
Sumber :
  • Tim tvOne/Nadya

Marak PHK, Said iqbal: Bayar Pesangon Murah Tidak Pancasilais

Senin, 6 Februari 2023 - 20:41 WIB

Jakarta - Presiden Partai Buruh Said Iqbal angkat bicara soal maraknya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan perusahaan Outsourcing di Indonesia.

Menurutnya negara telah menjadi agen perusahaan outsourcing, dan menurutnya hal ini sangat tidak pantas dan terkesan jahat.

“Negara jadi agen outsourcing, jahat lagi negara. Karena nanti negara dalam arti pemerintah yang menentukan mana yang boleh di outsourcing dan mana yang tidak boleh,” ujarnya ketika ditemui di halaman gedung DPR MPR RI, Senin (6/2/2023).

“Itu kan agen bahaya sekali di negara ini dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja ini,” Tambahnya

Said juga membahas terkait permasalahan pesangon yang terlalu rendah. Kemudian ia mencontohkan melalui fenomena PHK yang belakangan ini menjadi sebuah isu yang panas diperbincangkan, terutama pada industri e-commerce. 

“Anda sekarang bisa mudah dipecat, misalkan seperti JD.ID, Shopee, BliBli, Tokopedia, GoTo. Pertama digital ekonomi, seperti yang teman-teman bisa lihat e-commerce yang akan relokasi,” sambungnya.

Lanjutnya, Said memaparkan bahwa hal ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, perusahaan dapat dengan mudah membayarkan pesangon hanya setengah dari peraturan undang-undang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral