Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr Daniel Joko Wahyono MBiomed..
Sumber :
  • ANTARA

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 dengan Prokes

Rabu, 24 November 2021 - 15:49 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr Daniel Joko Wahyono MBiomed mengingatkan bahwa lonjakan kasus Covid-19 dapat dicegah dengan tetap memperkuat protokol kesehatan dan juga menggencarkan program vaksinasi.

"Kunci untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 adalah masyarakat perlu tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga segera mendapatkan vaksinasi," katanya di Purwokerto,Jateng,  Rabu (24/11/2021).

Dosen Fakultas Biologi Unsoed yang mengajar mata kuliah virologi itu juga menjelaskan, kendati beberapa waktu belakangan terjadi penurunan kasus Covid-19 namun masyarakat perlu tetap memperkuat protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Karena itu mari menggunakan masker di luar rumah, menghindari kerumunan dan rutin mencuci tangan sesuai dengan anjuran dari aturan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, kata dia, para pelaku perjalanan atau penumpang alat transportasi baik darat, laut dan udara juga perlu memperhatikan aturan skrining tes Covid-19.

Dia menambahkan bahwa kebijakan yang selama ini telah dilakukan pemerintah seperti menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah sangat tepat.

"Menurut saya kebijakan pemerintah selama ini sudah tepat salah satunya dengan menerapkan PPKM dan melakukan monitor serta evaluasi level PPKM secara berkala," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral