Setu Babakan.
Sumber :
  • Dok.Pribadi

Setu Babakan, Ruang Pendidikan Budaya Betawi yang Hidup dan Berkembang

Senin, 15 Januari 2024 - 14:24 WIB

Di tengah gemuruh perkembangan urbanisasi dan modernisasi, Setu Babakan tetap kokoh sebagai jantung keberlanjutan budaya Betawi. Sebagai sebuah ruang pendidikan budaya yang hidup dan terus berkembang, Setu Babakan menawarkan pelajaran berharga tentang kekayaan tradisi yang tak ternilai. 

Mari kita merenung pada pesona dan potensi ruang ini yang menjadi panggung bagi warisan budaya yang begitu berharga bagi masyarakat Betawi.

Setu Babakan yang terletak di Jagakarsa, Jakarta. Merupakan salah satu Perkampungan Budaya Betawi yang masih bertahan hingga kini, Setu Babakan menjadi destinasi menarik bagi masyarakat yang ingin belajar atau sekedar ingin tahu tentang adat kebudayaan Betawi. Dimulai dari Museum Betawi, Makanan khas Betawi, dan Pagelaran Seni Betawi yang sering diadakan di Perkampungan Budaya Betawi ini.

Museum Betawi

Museum Betawi di Setu Babakan ini mulai dibangun pada tahun 2012-2015 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017. Museum ini memamerkan berbagai macam koleksi yang digunakan oleh masyarakat Betawi dan terbagi menjadi 3 Lantai. 

Di lantai 1 terdapat koleksi seperti Batik Betawi, Gigi Balang, Bir Pletok, dan berbagai koleksi lainnya. Di ruangan lainnya yang masih terletak di lantai 1, terdapat Galeri Pengantin Betawi. Di Galeri ini dapat dilihat koleksi-koleksi baju pengantin dari adat Betawi, Betawi dikenal sebagai salah satu suku yang memiliki banyak keberagaman, terutama dalam hal budaya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral