19 Kepala Negara dan satu pemimpin Uni Eropa anggota Group 20 (G-20) di Istana Konstantinovsky..
Sumber :
  • Istimewa

KTT G-20 di Istana Konstantinovsky Rusia

Jumat, 1 Juli 2022 - 09:58 WIB

St. Petersburg, Rusia - Istana Konstantinovsky (Constantine Palace) di Strelna menjadi pusat perhatian. Berjarak sekitar 20 km di luar kota St Petersburg, Rusia, sebanyak 19 Kepala Negara dan satu pemimpin Uni Eropa anggota Group 20 (G-20) hadir di kawasan eksklusif ini. Meski ada jalan darat ke tempat ini, namun aksesnya ditutup kecuali untuk Kepala Negara angota G-20.

Menuju Istana Konstantinovsky, sejumlah kapal cepat berbentuk kapsul dipersiapkan dari pelabuhan St Petersburg ke Strelna. Kapal menyelusuri Teluk Finskiy (Teluk Finlandia) di Laut Baltik, sekitar 20 menit. Hanya yang memiliki ID Card G-20 dapat ikut kapal cepat ini, di antaranya peserta dan wartawan peliput KTT G-20, yang berlangsung pada 5-6 September 2013. 

Istana Konstantinovsky, pusat kegiatan Kepala Negara G-20, merupakan bangunan bersejarah. Istana yang didirikan pada 1720, pernah jadi tempat tinggal bangsawan dinasti Romanov. Pada 1797, istana tersebut menjadi tempat tinggal Grand Duke Constantine -- yang merupakan asal nama istana ini. 

Menurut sejumlah catatan, ketika Revolusi 1917 pecah, berbagai barang-barang hilang. Namun beberapa lukisan dan buku-buku dapat diselamatkan dan kini tersebar di berbagai museum. Revolusi 1917 mengubah Rusia menjadi negara komunis dengan menumbangkan kekuasaan Tsar Nicholas II yang mereka tuduh diktator.

Kondisi istana semakin memburuk pada Perang Dunia II, terjadi sejumlah kerusakan akibat pemboman. Hanya tembok istana yang tersisa; semua dekorasi interior hilang. Pada 1990, UNESCO menjadikan istana ini sebagai warisan dunia. Pemerintah Rusia melakukan renovasi, mengembalikan kemegahan Istana Konstantinovsky.

Istana megah ini dikelilingi taman-taman yang dihiasi dengan ansambel air mancur, kanal, dan jembatan. Bangunannya berarsitektur Rusia abad XVIII. Di bagian dalam terdapat banyak lukisan Rusia, seni dekoratif, dan terapan abad XVIII-XX, termasuk koleksi Rostropovich dan Vishnevskaya yang terkenal. Ada juga gudang anggur, yang mengkoleksi anggur terkemuka di dunia.

Renovasi besar-besaran ini dinikmati seluruh Kepala Negara dan pemimpin KTT G-20. Presiden Rusia Vladimir Putin seakan ingin memperlihatkan masa lalu Rusia yang hebat dan gemerlap. Di sini, Putin menerima tamu-tamu terhormatnya. Sesi pertama KTT G-20 berlangsung di meja bundar di Marble Hall, Istana Konstantinovsky. Sesi itu membahas “Pertumbuhan dan Stabilitas Keuangan”. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral