Timnas U-16 sukacita rayakan sukses menjadi juara Piala AFF 2022..
Sumber :
  • antara

Ulasan Sepakbola: "Proficiat, Timnas U-16!"

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 22:52 WIB

Oleh: Reva Deddy Utama*

Orang boleh-boleh saja mengkritik, mengecam, mencaci hingga menghina pengurus PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) dengan stigma: tidak becus, tidak kompeten, plus tidak profesional.

Faktanya, hanya sepakbola yang kompetisinya tidak berhenti, terus berputar setiap tahun. Mulai kompetisi tingkat senior dan junior hingga remaja dan anak-anak, bukan cuma putra, juga kompetisi sepakbola putri terus berjalan.

Saat cabang olahraga lain terseok-seok di sektor pemassalan, pada sepakbola tak ada kendala, malah tumbuh sendiri. Di mana-mana, di kota maupun di desa, menjamur SSB (sekolah sepakbola), wadah anak-anak belajar bersepakbola.

Saat cabang olahraga lain tak bisa atau ngos-ngosan menjalankan pelatnas untuk timnas, lantaran cekaknya uang, sepakbola enteng-enteng saja. Tak ada masalah, semua bisa berjalan. Bahkan pengurus sepakbola mampu mengontrak pelatih asing.

Lihatlah, semua pelatnas timnas sepakbola – untuk semua level – berlangsung tanpa rintangan, termasuk timnas putri. Hebatnya lagi, beberapa pelatnas timnas sepakbola berlangsung di luar negeri, dengan waktu berbulan-bulan.

Partisipasi timnas sepakbola putra dan putri juga terjaga di berbagai event. Semua level, dan semua kategori, di berbagai kejuaraan resmi dan turnamen, pasti ada timnas Indonesia, termasuk di kejuaraan sepakbola disabilitas dan Para Games.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral