Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Saat Konferensi KPK Berlangsung Sabtu (259/21) Dini Hari.
Sumber :
  • tim tvOne

KPK Tangkap Azis, Golkar Harus Jeli Cari Pengganti

Sabtu, 25 September 2021 - 16:22 WIB

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (AZ) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan penanganan perkara korupsi yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Sabtu (25/9). Pengamat Politik, Hendri Satrio mengingatkan Partai Golkar harus mempersiapkan kader yang memiliki integritas tinggi, agar tidak lagi tertangkap oleh KPK.

“Di Golkar pendekarnya banyak, orang di DPR nya banyak, ada Kahar, Doli, Mekeng, Kalo dari sekarang hanya untuk ketua komisi, Doli salah satu yang harus dipertimbangkan,” ujar Hendri Satrio saat dihubungi oleh tvonenews.com, Sabtu (25/9).

Pria yang akrab disapa Hensat itu menggarisbawahi pentingnya pemilihan berdasarkan integritas, mengingat ini bukanlah kali pertama kader Partai Golkar yang tertangkap KPK.

“Yang penting jangan sampai kena KPK lagi, sebelumnya Setnov sekarang Azis, jangan lagi lah, maka itu perlu dicari yang yang punya integritas tinggi,” tambah Hensat.

Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPP Golkar Supriansa mengatakan usai kasus yang menimpa Azis berkekuatan hukum tetap, maka Golkar akan melakukan langkah persiapan pergantian posisi Wakil Ketua DPR RI.

Langkah Golkar mempersiapan pergantian posisi Azis sebagai Wakil Ketua DPR RI sesuai dengan mekanisme yang ada di internal Partai Golkar maupun sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Tersangka Azis Syamsuddin disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.(put)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral