Ilustrasi.
Sumber :
  • Ist

Demi SDM Unggul, Lazis ASFA Gandeng Al-Azhar Kairo Gelar Pelatihan

Senin, 19 Februari 2024 - 22:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lazis ASFA menggandeng Universitas Al-Azhar Kairo untuk program percepatan kaderisasi pesantren dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Keduanya sepakat untuk melahirkan SDM yang unggul.

Hal itu disampaikan Sekjen Pusat Keilmuan Al-Azhar Prof. Dr. Nadhir Al-Ayyad dan Ketua Lazis ASFA Muchlis Hasyim Yahya dalam pembukaan pelatihan intensif dakwah dan fatwa untuk para kader ulama dari berbagai pesantren di Indonesia, di Aula Fakultas Sains dan Dirasat Islamiyah, Kairo, Senin (19/2/2024). Acara ini disponsori oleh Lazis ASFA.

Turut hadir sejumlah tokoh dalam acara itu, di antaranya, Rektor Universitas Al-Azhar Prof. Dr. Salamah Daud, Direktur Akademik Internasional Al-Azhar Prof. Dr. Hasan Sholah As-Soghir, Penasehat Grand Syaikh Urusan Mahasiswa Internasional Prof. Dr. Nahlah Sobri Soidy, Wakil Duta Besar Indonesia di Kairo Zaim Nasution, Ketua dan Wakil Ketua Lazis Assalam Fil Alamin Muchlis Hasyim dan KH. Anizar Masyhadi, M.A., Plt Atdikbud Aming Rahmat Lasim.

Sebanyak 40 orang kader ulama utusan dari berbagai pesantren di Kalsel, Sulsel, dan Sulbar menjadi peserta pada pelatihan kali ini. Pelatihan dilaksanakan di Islamic Mission City, Al-Azhar, selama dua bulan. Adapun materi pelatihan meliputi materi-materi dakwah, metode pengambilan fatwa, wasatiyyat Islam, bahasa Arab, Al-Quran dan tafsir serta ulumul hadis. Acara dirangkai bersama dengan Pembinaan dan Pengarahan Mahasiswa Indonesia Penerima Beasiswa ASFA di Universitas Al-Azhar sebanyak 200 orang.

Dalam sambutannya Rektor Prof. Salamah Dawud mengapresiasi peran Lazis ASFA yang secara aktif terus mendorong percepatan dan pengembangan SDM. Beliau mengatakan bahwa Al-Azhar selalu membuka pintu untuk kader-kader dari seluruh dunia yang ingin mendalami Islam dengan pandangan wasatiyahnya. "Apa yang dilakukan oleh Lazis ASFA seirama dengan pandangan Al-Azhar, yaitu melahirkan SDM unggul untuk kemajuan umat Islam di seluruh dunia," ucap dia.

Ia berpesan,para kader ulama yang mengikuti program pendidikan intensif dan para mahasiswa S1-S3, nantinya segera kembali kepada umat Islam di Indonesia melalui institusi masing-masing. "Segera mendakwahkan nilai-nilai Islam serta membawa pandangan risalah wasatiyah Islam Al-Azhar," tuturnya.

Senada, Prof. Nadhir Ayyadh juga mengapresiasi peran Lazis ASFA. Ia mengatakan pemanfaatan dana-dana dari zakat, infak, sedakah dan wakaf untuk kepentingan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ilmu, merupakan hal yang sejalan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, termasuk pekerjaan yang sangat mulia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral