Menpora RI Zainudin Amali dalam rapat audiensi bersama PT LIB dan Exco PSSI, Jumat (18/11/2022)..
Sumber :
  • tvonenews/Hartini

Menpora Lagi-lagi Bantu PSSI dan PT LIB agar Izin Liga 1 Turun dari Polisi

Kamis, 24 November 2022 - 17:44 WIB

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali akan berdiskusi dengan kepolisian terkait kelanjutan Kompetisi Liga 1 yang sementara dihentikan akibat tragedi Kanjuruhan.

“Saya akan berdiskusi dengan Kapolri karena kepolisian yang memiliki kewenangan mengeluarkan izin keramaian,” ujar Menpora Amali dalam suatu kesempatan, Rabu (23/11/2022) seperti dikutip di situs resmi Kemenpora RI.

Sebelumnya Menpora Amali telah mengadakan audiensi dengan pihak penyelenggara PT LIB dan juga Exco PSSI untuk membahas hasil RUPS dan kelanjutan kompetisi baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

“Nah itu tentu menjadi bahan saya, kemudian jadi bahan pemerintah untuk mendiskusikan dengan pihak yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian,” jelasnya.

Pemerintah dalam hal ini Kemenpora RI sangat mendorong agar kompetisi digelar kembali. Menurutnya, pertandingan antar klub lokal tersebut dibutuhkan oleh tim nasional Indonesia sebagai ajang persiapan menghadapi turnamen-turnamen yang lebih besar.

“Kelanjutan kompetisi sangat penting untuk Timnas sepakbola Indonesia karena beberapa waktu ke depan Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023. Selain itu, timnas akan berlaga di Piala Asia Tahun 2023," paparnya.

Menpora Amali khawatir jika tidak ada kompetisi maka timnas Indonesia akan kehilangan waktu untuk bertanding, sehingga berdampak pada performa para pemain yang bisa saja menurun.

“Kita berharap timnas kita semakin siap, sebab khusus untuk U-20, setelah mereka kembali dari luar negeri, kembali ke dalam negeri tidak ada pertandingan, sudah pasti bisa dibayangkan itu akan meluluhkan performa,” ujarnya.

“Jadi kalau kehilangan waktu untuk berkompetisi, waktu untuk bertanding, mereka tentu harus kembali lagi di awal dari nol,” tambahnya.

Saat ini timnas U-20 tengah kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pemusatan latihan di Eropa selama hampir dua bulan di Turki dan Spanyol. Para pemain akan bergabung terlebih dahulu dengan klubnya masing-masing. (hsn/fan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
Viral