Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar saat memimpin pengamanan jelang pertandingan PSIS vs Persebaya, Rabu (29/3/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Cek Kesiapan Laga PSIS Melawan Persebaya Nanti Malam, Kapolrestabes Semarang Pastikan Aman

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:25 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar melakukan pengecekan kesiapan pengamanan laga PSIS melawan Persebaya yang akan digelar nanti malam di Stadion Jatidiri Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/3/2023). Rencananya, pertandingan tersebut akan dimulai pukul 20.30 WIB.

“Pola yang kita laksanakan adalah sejak awal kita sudah berkoordinasi dengan suporter Bonek dimana tiket sudah kita alokasikan ke Surabaya sehingga yang masuk ke Semarang adalah sudah bertiket dan sementara yang lain itu (belum bertiket) kalau masuk ke Semarang kita lakukan pola dipulangkan berantai,” ujar Kombes Pol Irwan Anwar.

Irwan menjelaskan, untuk menghindari kerusuhan, kedatangan dan kepulangan suporter Bonek sudah terkoordinasi. Apalagi, Wali Kota Surabaya,  Eri Cahyadi dijadwalkan akan mengawal ribuan suporter Bonek.

“Kedatangan suporter bertiket berdasar koordinasi beberapa hari yang lalu itu akan berangkat bersama dari Surabaya informasinya akan menggunakan bus dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya. Ini khusus untuk suporter dari Surabaya dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari pintu tol akan langsung masuk stadion,” katanya.

“Pemulangan juga sudah disepakati dalam rapat koordinasi nanti akan keluar secara berkelompok tidak bersama-sama,” lanjutnya.

Dan untuk suporter PSIS sudah dikoordinasikan oleh pengurus suporter masing-masing. Sedangkan untuk penonton umum yang terpenting lolos verifikasi dalam pembelian tiket.

“Sudah seperti biasa di stadion ada tiga tahapan nanti yang masuk ke stadion itu yang sudah bertiket kemudian di dalam ada verifikasi tiket yang sudah dibeli,” bebernya.

Disisi lain, Irwan memastikan akan terus melakukan patroli ketika para suporter datang. Pihaknya akan memulangkan secara paksa suporter yang mabuk.

“Melakukan pemeriksaan alkohol miras (minuman keras) secara fisik yang terlihat mabuk kita akan periksa kemudian dalam sampling pengaruh alkohol akan kita pulangkan,” imbuhnya.

Terpisah, Karo Ops Polda Jateng Kombes Basya Radyananda memastikan laga PSIS melawan Persebaya akan berjalan aman. Dirinya menjelaskan, giat pengamanan bertumpu di Polrestabes Semarang dengan Kapolrestabes sebagai Kasatgas Pengamanan.

Dari hasil koordinasi, pengamanan tidak hanya di sekitar Stadion namun mencapai seluruh wilayah yang merupakan jalur kedatangan dan kepulangan suporter Persebaya Surabaya Bonek.

“Kami juga libatkan polres jajaran yang menjadi lintasan kepulangan suporter hingga ke perbatasan Jawa Timur,” pungkasnya.

Ia menyebut pertandingan yang berlangsung pada malam hari mempunyai kerawanan tersendiri. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada para suporter untuk segera pulang usai menonton pertandingan.

“Kalau malam hari kerawanan akan lebih kental daripada siang, kami lakukan penetrasi dan himbauan pada para suporter untuk segera pulang usai pertandingan untuk cegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya. (Dcz/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral