Jawab Kritikan, PSSI Segera Tambah Wasit.
Sumber :
  • pssi.org

Jawab Kritikan, PSSI Segera Tambah Wasit

Rabu, 24 November 2021 - 23:20 WIB

Jakarta - Kritik demi kritik terus berdatangan terhadap penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional mulai dari Liga 1 hingga Liga 3. Kinerja para pengadil lapangan terus disorot karen kerap mengambil keputusan yang kurang tepat.

Menjawab kritikan tersebut, PSSI berencana untuk menambah lagi wasit yang bertugas dalam satu pertandingan. Bila biasanya terdapat satu wasit, dua hakim garis dan satu wasit cadangan yang memimpin jalannya laga. Kini Federasi Sepakbola Indonesia itu akan menugaskan satu wasit utama yang dibantu 5 asisten wasit. Dua tambahan wasit atau yang dikenal juga sebagai wasit kelima dan keenam, akan mengawasi garis gawang.

Rencananya, sistem ini berlaku di seri IV liga 1 musim 2021-2022 dan semifinal liga 2. Namun begitu, PSSI masih akan berkomunikasi dengan konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Disaat yang bersamaan PSSI juga menantikan direktur teknik wasit dari AFC untuk meningkatkan kinerja para pengadil.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," jelas ketua PSSI, M Iriawan.

Penerapan enam wasit untuk satu pertandingan sesungguhnya bukanlah hal baru, di beberapa kompetisi di negara-negara eropa mereka sudah melakukannya terlebih dahulu sebelum beralih menggunakan VAR (Video Assistant Referee ) dan GLT (Goal Line Technology).(bpi/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral