Line Up PSS Sleman.
Sumber :
  • PSS Sleman official website

Makna Filosofis Dibalik Julukan Super Elang Jawa PSS Sleman

Minggu, 15 Mei 2022 - 20:55 WIB

Sleman, DI Yogyakarta - Setiap klub sepak bola pasti memiliki julukan, yang mana maknanya menggambarkan sisi lain dari klub tersebut. Sebut saja Manchester United yang memiliki julukan The Red Devils, Real Madrid dengan julukan Los Blancos, atau AC Milan dengan I Rossoneri.

Dalam kancah sepak bola Indonesia pun demikian, ada Bali United dengan julukan Serdadu Tridatu, Persija Jakarta dengan Macan Kemayoran, PSS Sleman dengan julukan Super Elja, dan masih banyak klub Indonesia lainnya.

Julukan tim-tim tersebut bukan hanya sekedar pemberian nama keren. Pemilihan nama lain atau julukan klub tentu memiliki arti atau makna dibaliknya, baik makna historis maupun filosofis.

Lalu, apa makna filosofis dibalik julukan PSS Sleman, Elang Jawa (Elja) atau sering disebut dengan Super Elja?

Elang Jawa adalah salah satu burung endemik yang hanya terdapat di Pulau Jawa dan dilindungi keberadaannya. Salah satu habitatnya adalah di lereng gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Sleman.

Hewan langka ini menjadi inspirasi bagi PSS Sleman untuk dijadikan julukan mereka, yaitu Super Elang Jawa.

Menurut mantan Manajer PSS Sleman, Sismantoro, PSS menggunakan Elang Jawa sebagai julukan karena Elang Jawa habitatnya berada di lereng Merapi yang merupakan wilayah Kabupaten Sleman. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral