Manchester City dan Liverpool jalani tradisi panjang Community Shield..
Sumber :
  • dailymail

Asal-Usul Nama dan Makna Sosial Community Shield di Inggris

Jumat, 29 Juli 2022 - 13:24 WIB

London, Inggris – Community Shield akan menandai musim baru kompetisi Inggris. Dalam sejarahnya, turnamen yang setara dengan Piala Super mengalami beberapa kali pergantian nama.

Generasi masa kini mungkin sudah tak asing dengan nama Community Shield, turnamen yang berlangsung hanya satu pertandingan (one off). Community Shield mempertandingkan dua juara dari musim sebelumnya pada laga yang menjadi penanda musim kompetisi baru.

Konsep pertandingan Community Shield menyerupai Piala Super di banyak negara. Community Shield mempertemukan juara Liga Inggris (Premier League) dan pemenang Piala FA (FA Cup, kompetisi non-liga yang mengadu seluruh klub yang terdaftar) pada satu partai final di tempat netral.

Menyongsong musim 2022-2023, Community Shield akan berlangsung di Stadion King Power, markas Leicester City, bukan di Stadion Wembley, London, seperti tradisi yang sudah berlangsung lama. Juara Premier League, Manchester City, akan melawan Liverpool yang berstatus juara FA Cup 2021-2022.

Selain perubahan lokasi pertandingan untuk musim 2022-2023, Community Shield juga telah mengalami beberapa kali pergantian nama turnamen dalam sejarahnya panjangnya. Sejak bergulir pada 1908 hingga 2002, FA memakai nama 'Charity Shield' untuk pertandingan pembuka musim baru Inggris.

Bahkan perubahan dari Charity menjadi Community Shield bukan pergantian nama yang pertama. Jauh sebelum 2002, 'Sheriff of London Shield' merupakan nama resmi turnamen pembuka musim dengan konsep berbeda, yakni mempertemukan klub profesional dengan klub amatir.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral