Shin Tae-yong pantau kemampuan para pemain timnas U-19..
Sumber :
  • pssi

Soal Tiga Pemain Keturunan untuk Masuk Timnas U-19, PSSI Serahkan pada STY

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:56 WIB

Jakarta – Tiga pemain keturunan dari Belanda turut bergabung dalam sesi latihan tim nasional U-20. Seperti apa prospek masa depan mereka untuk jadi WNI dan pemain timnas?

Tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia di bawah usia 19 tahun (U-19) terus bersiap untuk tampil pada Piala Asia Tenggara (Piala AFF) U-19. Dalam latihan timnas di Stadion Madya Senayan, Jakarta, turut hadir tiga remaja keturunan Belanda, yakni Jim Croquet, Max Christoffel dan Kai Boham.

Namun kepastian tiga pemain keturunan untuk menjalani proses naturalisasi, hingga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan layak masuk timnas U-20, tergantung pada penilaian dan kebutuhan pelatih Shin Tae-yong dalam membangun squadnya.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, memastikan bahwa seluruh keputusan untuk menerima pemain berada di tangan Shin Tae-yong, termasuk melihat kemampuan pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia.

“Status pemain menjadi wewenang Shin Tae-yong. PSSI tidak bisa mengatur dan tidak ikut campur soal pemain, strategi dan posisi pemain. Shin yang berhak melihat siapa pemain yang bagus, menilai apakah pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia layak masuk timnas,” ujar Mochamad Iriawan.

Sampai hari keempat pemusatan latihan nasional (pelatnas), pelatih Shin Tae-yong melihat tiga remaja asal Belanda ialah para pekerja keras. Namun Shin belum bisa menilai secara keseluruhan, apakah mereka layak atau tidak untuk memperkuat timnas U-20.

“Sampai saat ini, saya melihat mereka sebagai pemain baik, pekerja keras. Tapi saya belum melihat kemampuan mereka saat bertanding, bisa saja berbeda. Saya baru akan menilai pemain saat sudah uji coba tanding,” ucap Shin Tae-yong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral