Bola baru Piala Dunia Al Hilm.
Sumber :
  • FIFA

FIFA Perkenalkan Bola Baru untuk Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

Minggu, 11 Desember 2022 - 19:12 WIB

Doha, Qatar - FIFA resmi memperkenalkan bola baru bernama Al Hilm untuk digunakan pada babak semifinal dan final Piala Dunia 2022.

Bola tersebut akan menggantikan Al Rihla yang digunakan sejak penyisihan grup hingga perempat final.

Mengutip laman resmi FIFA, Al Hilm memiliki arti impian dalam bahasa Arab. Sementara Al Rihla yang digunakan sebelumnya berarti perjalanan.

Al Hilm yang diproduksi Adidas memiliki teknologi dan desain baru bernama Connected Ball dengan fungsi membantu kecepatan serta ketepatan wasit dalam mengambil keputusan.

Selain itu, terdapat sejumlah teknologi lain yang ditanam pada bola ini seperti sensor, kecerdasan buatan, serta mendukung sisten offside semi-otomatis.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi penting tambahan tersedia untuk pejabat pertandingan video," kata Johannes Holzmüller, direktur teknologi & inovasi sepak bola di FIFA.

"Data dari bola membuka wawasan baru untuk mendongeng seputar momen unik di lapangan di Piala Dunia ini," tambahnya.

Desain hingga pemilihan bahan dari bola ini juga dipastikan sudah melalui pertimbangan yang cermat.

Bukan hanya itu, Al Hilm juga menjadi bola pertama yang dibuat hanya dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Adapun warna dasar yang digunakan adalah emas bertekstur dengan pola segitiga halus. Inspirasi tersebut berasal dari padang pasir yang mengelilingi kota Doha.


Pemain Argentina, Angel Di Maria memegang Al Hilm. Foto: AFA

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia,” kata Nick Craggs, manajer umum sepak bola, Adidas.

"Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh semangat mereka untuk permainan ini. Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik saat mereka bersaing di panggung terbesar yang ditawarkan sepak bola," tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral