Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Sedang Memberikan Arahan.
Sumber :
  • Hartini Setia Ningrum

Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tetap Latihan Selama Bulan Ramadan Jelang Laga FIFA Matchday

Selasa, 21 Maret 2023 - 01:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menjelang laga FIFA Matchday di bulan Maret 2023 ini, Timnas Indonesia tetap akan melangsungkan pemusatan latihan sebagai persiapan lawan Burundi pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023.

Pasalnya, para pemain timnas Indonesia yang beragama Islam akan memasuki bulan Ramadan, mereka pun bersiap menjalankan ibadah puasa yang mulai pada 23 Maret 2023.

Sementara itu, persiapan Timnas Indonesia jelang laga FIFA Matchday telah dilakukan sejak tanggal 20 Maret hingga 29 Maret dengan menggelar pemusatan latihan di Jakarta, serentak dengan TC Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih Shin Tae-yong merasa situasi ini menyulitkannya dalam melatih para pemain karena mereka harus makan tepat waktu ketika berlatih. Sedangkan puasa tidak memperbolehkan seseorang untuk makan dan minum dalam waktu tertentu.

"Memang agak sulit buat saya karena para pemain harusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa kita makan, tapi harus lari dan tanding, itu agak sulit buat pemain," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Senin (20/3/2023).

Shin Tae-yong pun akan membicarakan hal ini kepada pemimpin agama Islam untuk menemukan solusi terkait persiapan Timnas Indonesia jelang laga FIFA Matchday.

"Jadi saya harus koordinasi dulu dengan pemimpin agama dan pemain agar bisa fokus saat pertandingan dan sehari sebelumnya bisa fokus ke laga," jelasnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menerangkan lebih lanjut bahwa kemungkinan para pemainnya tidak akan berpuasa terlebih dahulu selama hari latihan dan hari pertandingan.

Kemudian mereka akan mengganti hari puasa yang bolong tersebut dengan berpuasa di luar bulan Ramadan atau Islam menyebutnya dengan qodo puasa.

"Maksudnya kita tetap makan tanpa puasa, mungkin ada hari-hari yang tidak puasa, nanti bisa diganti setelah periode puasa," ujarnya.

Namun, Shin Tae-yong masih akan mendiskusikan hal ini dengan para pemain Timnas Indonesia yang muslim beserta pemuka agamanya.

"Untuk itu harus dibicarakan lagi dengan pemain dan pemimpin agama," tandasnya.

Timnas Indonesia telah memulai latihan perdananya sebelum bulan puasa bersama dengan Timnas U-20 pada Senin (20/3/2023) di Stadion PTIK, Jakarta. (hsn/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
Viral