Fakhri Husaini.
Sumber :
  • PSSI

Fakhri Husaini Setuju Gagasan Indra Sjafri Soal Pemusatan Latihan Jangka Panjang Tim Nasional Indonesia Dihilangkan

Senin, 10 April 2023 - 19:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pelatih kenamaan Indonesia Fakhri Husaini setuju dengan gagasan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bahwa pemusatan latihan (Training Camp/TC) Tim Nasional Indonesia jangka panjang akan dihilangkan.

Menurutnya, pembentukan tim nasional itu seharusnya ada pada kompetisi, bukan pemusatan latihan yang memakan waktu lama hingga berbulan-bulan. Hal ini berlaku bagi tim nasional semua kategori, khususnya Timnas Indonesia senior.

"Memang harus seperti itu, khususnya Timnas senior itu TC-nya di kompetisi, bukan dikumpulin pemain memerlukan waktu yang lama. Sehingga, kompetisi harus berhenti terus klub harus merasa kehilangan pemainnya. Itu bukan dengan cara seperti itu membentuk Timnas senior itu," kata Fakhri Husaini kepada tvonenews.com melalui telepon, Senin (10/4/2023).

Oleh sebabnya, kualitas kompetisi dalam negeri baik itu Liga 1, 2, 3 di Indonesia mempengaruhi jangka waktu pemusatan latihan. Apabila kompetisi bagus maka TC sebentar, kalau kompetisi jelek maka TC semakin lama.

"Makanya kalau kompetisinya bagus itu TCnya ga perlu lama-lama. Kalau kualitas kompetisi di Indonesia itu bagus ga perlu tim nasional TC lama-lama. Cukup ngumpulin pemain seminggu, latihan bersama habis itu bisa langsung bertanding," kata mantan pelatih Timnas U-16 ini.

"Semakin lama TC itu dilakukan berarti ada yang salah dengan sistem kompetisi kita. Sehingga pemain masih diperlukan waktu lagi untuk mengasah keterampilan," ujarnya menambahkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral