Permainan Thom Haye Masuk 5 Besar di Liga Belanda, Lini Serang Timnas Indonesia Bakal Makin Tajam.
Sumber :
  • Instagram/Thom Haye

Permainan Thom Haye Masuk 5 Besar di Liga Belanda, Lini Serang Timnas Indonesia Bisa Makin Tajam

Selasa, 26 Desember 2023 - 10:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gelandang Heerenveen yang bermain di Eredivisie, Thom Haye, merupakan pesepak bola berdarah Indonesia-Belanda yang tengah menanti dinaturalisasi skuad Merah Putih.

Thom menceritakan ketertarikannya membela Timnas Indonesia kepada ESPN Belanda, tepatnya pada 13 Desember 2023. Dia bahkan mengirim sinyal bahwa PSSI sudah melakukan pendekatan untuk melakukan naturalisasi.

"Itu akan menyenangkan dan pasti akan terjadi," kata Thom seraya membeli sinyal soal akan dinaturalisasi Timnas Indonesia. 

Di lain kesempatan, PSSI melalui Wakil Ketua Umum Zainudin Amali menjawab rumor Thom yang santer bakal menjadi bagian Timnas Indonesia. Dia menegaskan pihaknya dan pemerintah memiliki standar khusus terkait kriteria calon pemain naturalisasi. 

"Jadi ya, siapapun itu yang mempunyai darah Indonesia. Pemerintah tidak sembarangan. Kami proses saja mana yang memungkinkan dan sekarang prosesnya cukup ketat, tidak seperti dulu," kata Amali, 14 Desember 2023. 

Thom pun masuk kriteria PSSI untuk menjadi pemain naturalisasi. Gelandang bertahan berusia 28 tahun itu mempunyai darah keturunan Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan neneknya yang asli Sulawesi. 

"Kami tidak ingin kejadian seperti tidak punya darah Indonesia dan kemudian (melakukan) naturalisasi menjadi menunggu proses lima tahun. Jadi, kami patuh dalam aturan FIFA dan pemerintah tidak sembarangan," tegas Amali beberapa waktu lalu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral