Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • PSSI

Dulu Shin Tae-yong Sampai 'Memohon' Pemain-pemain Ini agar Mau Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia, Begini Nasibnya Sekarang

Rabu, 8 Mei 2024 - 01:55 WIB

tvOnenews.com - Proses naturalisasi pemain-pemain keturunan tidak selalu berjalan mulus, bahkan Shin Tae-yong harus sampai 'memohon' agar bisa membela Timnas Indonesia.

Keberhasilan Timnas Indonesia dalam meraih sejumlah prestasi tidak lepas dari peran besar pemain-pemain keturunan dan kejelian Shin Tae-yong dalam meramu strategi.

Beberapa pemain keturunan yang kini sudah dinaturalisasi bahkan sudah menjadi tulang punggung permainan Timnas Indonesia hingga sukses mencapai catatan luar biasa.

Mereka di antaranya Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On hingga Jordi Amat.

Babak 16 besar Piala Asia 2023 dan peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 menjadi sederet prestasi yang disumbangkan para pemain-pemain keturunan tersebut.

Meski demikian, ada beberapa pemain keturunan yang akhirnya menolak untuk dinaturalisasi dengan berbagai alasan. Mulai dari alasan keluarga hingga peluang bermain di timnas yang lebih baik.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral