Lantamal VIII Gagalkan Penyelundupan 114 Ekor Ayam Ilegal dari Filipina

Senin, 30 Mei 2022 - 12:20 WIB

Manado, Sulawesi Utara - Ratusan ekor ayam jago asal Filipina yang diselundupkan ke Manado, Sulawesi Utara digagalkan oleh petugas TNI Angkatan Laut Lantamal VIII Manado. Ayam jago untuk diadu itu ditinggalkan pemiliknya di atas kapal saat melihat kedatangan petugas.

Sebanyak 114 ekor ayam jago hasil selundupan dari Filipina disita Lantamal VIII di Pelabuhan Manado, Sulawesi Utara. Ayam selundupan tak bertuan ini ditemukan di atas kapal KM Barcelona 3A, saat personel Lantamal VIII Manado melakukan Operasi Cipta kondisi pada minggu dinihari.

Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI  Nouldy J. Tangka menjelaskan ayam ayam jago itu diduga berasal dari Filipina, karena di dalam tubuh ayam tersebut terdapat chip.

ayam-ayam jago dari negara tetangga Filipina ini diduga akan dipakai untuk Adu bertarung di arena judi sabung ayam yang kian marak terjadi di wilayah Sulawesi Utara. ayam selundupan ini juga telah dilakukan pemeriksaan di Balai Karantina Pelabuhan Manado untuk mendapatkan surat kesehatan.

Selanjutnya ratusan ayat ilegal ini langsung diserahkan kepada pihak Polresta Manado untuk dicari pemiliknya. Jika tertangkap pemilik ayam selundupan ini akan dijerat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral