Ciri-Ciri Gangguan Kesehatan Mental OCD Yang Sering Disepelekan

Senin, 20 Februari 2023 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menjaga kebersihan rumah sangatlah penting agar anda dan anggota keluarga lainnya bisa selalu nyaman beraktivitas di dalamnya rumah yang bersih. 

Selain itu, rumah yang bersih juga dapat membuat Anda sekeluarga tetap sehat.

Membersihkan rumah memang kadang menjadi hal yang sangat melelahkan.

Namun hati-hati jika kebiasaan bersih-bersih atau berbenah rumah dilakukan secara berlebihan.

Apalagi jika dorongan membersihkan rumah muncul karena adanya perasaan akan sakit parah atau celaka jika rumahnya kotor. Bisa jadi ini adalah tanda gangguan kejiwaan.

Apakah anda suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan rumah? Merasa janggal bila posisi barang sedikit miring atau tidak sesuai tempatnya?


Obsessive Compulsive Disorder atau disingkat OCD adalah bentuk masalah kesehatan mental yang membuat pengidapnya mempunyai pemikiran dan dorongan yang tidak bisa dikontrol yang sifatnya berulang (obsesi) serta munculnya perilaku (paksaan) kompulsif.

Contoh perilaku kompulsif misalnya mencuci tangan hingga berulang kali setelah melakukan kontak langsung terhadap sesuatu yang menurutnya tidak bersih. 

Pemikiran dan perilaku tersebut tidak mampu dikendalikan oleh pengidap. 

Meski pengidap bisa jadi tidak memiliki pikiran maupun keinginan untuk melakukan hal tersebut, ia seperti tidak berdaya untuk menghentikannya. 

Artinya, OCD bisa memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan pengidapnya.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral